PEMILU
الأربعاء، 30 نيسان/أبريل 2025

Hari ke-3 Angleb 2025, Daop 6 Yogyakarta Memberangkatkan 19.000 Pelanggan, 3.000 Tiket KA Lebaran Bisa Dipesan

تعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجومتعطيل النجوم
 

lognews.co.id, Yogyakarta - Terhitung sejak Jumat, 21 Maret 2025 hingga hari ini memasuki hari ke-3 Angkutan Lebaran 2025 yakni Minggu, 23 Maret 2025 (hingga berita ini diturunkan), KAI Daop 6 Yogyakarta mencatat akumulasi pelanggan yang berangkat dari 10 stasiun penumpang KA Jarak Jauh di Daop 6 Yogyakarta yakni total sebanyak 60.578 pelanggan.

Data ini menunjukkan jumlah pelanggan yang berangkat sekitar 15% dari kapasitas tempat duduk yang disediakan selama 22 hari Angkutan Lebaran 2025 di Daop 6 Yogyakarta yakni sebanyak 411.272 tempat duduk.

Untuk akumulasi kedatangan atau penumpang tiba, Daop 6 Yogyakarta mencatat sebanyak 53.445 pelanggan. Feni menambahkan, 3 Stasiun Keberangkatan dari Daop 6 Yogyakarta dengan pelanggan berangkat terbanyak hari ini yakni Stasiun Yogyakarta yang memberangkatkan sebanyak 7.255 pelanggan, disusul dengan Stasiun Lempuyangan sebanyak 5.186 pelanggan, dan Stasiun Solo Balapan sebanyak 3.459 pelanggan.

IMG 20250323 WA0032

Adapun 3 stasiun kedatangan dengan pelanggan tiba/turun terbanyak pada hari ini tercatat di Stasiun Yogyakarta sebanyak 5.073 pelanggan, Stasiun Solo Balapan sebanyak 3.569, dan Stasiun Lempuyangan sebanyak 3.050 pelanggan.

“Melihat pantauan okupansi keberangkatan dan kedatangan penumpang di wilayah Daop 6 Yogyakarta, diprediksi puncak keberangkatan arus mudik atau pra Lebaran di Daop 6 Yogyakarta akan terjadi pada Jumat, 28 Maret 2025 dimana sudah tercatat sebanyak 16.000 seat telah dipesan di tanggal tersebut. Angka ini masih dinamis karena pemesanan tiket terus berjalan hingga jelang keberangkatan KA,” jelas Feni.
 
KAI Daop 6 Yogyakarta juga menambah kenyamanan pelanggan dengan menempatkan fasilitas Air Cooler sebanyak 7 unit di ruang tunggu Stasiun Yogyakarta. Selain itu, Daop 6 Yogyakarta juga terus berinovasi untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan sekaligus mendukung pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG’s) yaitu dengan mengurangi konsumsi air kemasan sekali pakai.
 
“KAI Daop 6 Yogyakarta menyediakan water station di 8 stasiun yaitu di Stasiun Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Wates, Klaten, Purwosari, Solo Kota, dan Palur. Hal ini sebagai upaya KAI mengedukasi masyarakat untuk membawa tumbler botol minuman dan mulai menekan penggunaan botol plastik sekali pakai,” terang Feni sekaligus mengakhiri keterangannya. (Amr-untuk Indonesia)